• Jelajahi

    Copyright © Agrobisnis 88News
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Dirgahayu Republik Indonesia Ke-78

    Dirgahayu Republik Indonesia Ke-78

    Samino,S.Pd Camat Dolok Merawan Kiat Sukses Menjadi ASN Juga Sukses dalam Beternak

    Rabu, 23 Agustus 2023, Rabu, Agustus 23, 2023 WIB Last Updated 2023-08-23T07:27:03Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini
    Samino,S.Pd Camat Dolok Merawan Kiat sukses menjadi ASN juga Sukses dalam Beternak

    Bapak Samino, S. Pd salah satu dari 17 Camat yang ada di Kabupaten Serdang Bedagai yaitu Camat Dolok Merawan yang dikenal ramah pada setiap kalangan masyarakat. 


    Dolok Merawan, Sergai | 88News.id: Bapak Samino, S. Pd merupakan salah satu dari 17 Camat yang ada di Kabupaten Serdang Bedagai yaitu Camat Dolok Merawan yang dikenal ramah pada setiap kalangan masyarakat. 


    Sosok Ramah dan bersahaja terlihat jelas ketika Beliau menerima kedatangan awaq media 88 News ketika bersilaturahmi di kantor Camat Dolok Merawan di Jalan Pematang Siantar – Tebing Tinggi , Selasa, 22/08/2023 pukul 15.00 WIB. 


    Pertemuan tersebut terkait pembahasan tentang Kemitraan 88 News yang berkolaborasi dengan PT. AHA Ternak indonesia yang dipimpin Ardiansyah Hasibuan yang juga menjabat sebagai Pimpinan Umum media 88 News kepada Peternak khususnya Di Kecamatan Dolok Masihul. 


    Pak Camat pun sangat antusias dan menyambut baik tujuan dan program yang disampaikan media 88 news yang ingin bersinergi dengan Instansi Pemerintahan khususnya di Dolok Merawan. 


    Beliau juga menceritakan kehidupan nya yang dahulunya dari keluarga peternak, dan saya juga pernah mengangon ( menggiring ternak dan mencari makan ternak diluar kandang) diperkebunan maupun di tanah lapang yang banyak ditumbuhi rumput dari mulai remaja . 


    Perlu di ketahui Bapak Samino diangkat sebagai ASN tahun 1987. Secara karir sebelum menjabat Sebagai  Camat Dolok Merawan beliau pernah menjabat berbagai tugas penting di wilayah Kabupaten Serdang Bedagai yaitu sebagai Sekcam Sei Bamban dan juga Sebagai Camat Tebing Syahbandar 


    Sukses dikarir sebagai ASN , beliau juga Sukses di bidang Peternakan. Bermula dari kegemaran beternak di masa muda.


    Kerinduan Pak Samino sebagai peternak kembali di tekuni beliau Ditahun 2001 dengan membeli 15 ekor kambing jenis Biri- biri dengan ketekunan, keuletan serta ditambah pengalaman yang dimiliki beliau kambing tersebut berhasil berkembang biak mencapai 120 ekor . 


    Ditahun 2012 beliau membeli ternak Lembu jenis Madras dengan membeli  5 ekor, Sampai mencapai 37 ekor. 


    Dikonfirmasi awak Media 88 News terkait kiat sukses dalam beternak dengan kesibukannya sebagai ASN , secara spontan pak Camat menjawab : saya itu hobi dan gemar beternak pandai pandai membagi waktu lah , walaupun  banyak kesibukan namanya hobi.harus di cintailah setiap kerjaan yang di jalani “ ucap beliau sambil tersenyum


    Ditambahkan Pak Samino , dari pengalaman yang saya dapatkan selama beternak yang paling terpenting ya cara kita merawat dan menjaga kebugaran ternak tersebut. 


    Yang pertama, Kandang harus lah terhindar dari bakteri dan juga jaga kebersihannya , atap kandang ternak saya pakai atap rumbia agar ternak nyaman di kandang nya. 


    Kedua, untuk kebugaran dan kesehatan ternak saya berikan vitamin menggunakan bahan ramuan tradisional  yaitu  Kunyit, temulawak, gula merah  serta garam.


    Pemberian pakan juga harus di perhatikan karena saya lakukan dari mulai jam 2 siang sampai jam 5 sore agar makan nya teratur.


    “ saya itu lebih senang kalau ternak itu diangon, saya juga sering ngangon  ternak saya sendiri koq kalau tidak ada kesibukan ya sekaligus menyalurkan hobi lah , “ kelakar dibarengi senyum dari pak samino

    Pemberian obat cacing setiap tiga bulan sekali itu juga rutin saya lakukan karena penting agar nutrisi pada ternak dapat tersalur dengan baik “ lanjut beliau


    Pak Samino melanjutkan Kisahnya kiat ketiga Hindari ternak kawin  sedarah, artinya janganlah ternak di kawinkan induk jantan dengan anaknya atau keturunannya  karena saya percaya itu mempengaruhi psikis dan perkembang biak ternak . 


    “ Terkait silaturahmi 88 News serta mewakili PT. AHA Ternak Indonesia untuk menjalin kemitraan dengan peternak di Dolok Merawan ini saya sebagai Camat sangat mendukung dan menjembatani dari tingkat stacholder desa sampai kemasyarakatan apalagi ini untuk kepentingan masyarakat ‘ Pungkas Camat Dolok merawan tersebut mengakhiri dialog pada sore tersebut. 


    Rori/88News

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    kehutanan

    +